title: PENGARUH CEO POWER DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONEDIA (BEI) TAHUN 2014-2016 creator: SEPTIYANA, 1411011123 subject: HB Economic Theory subject: HD28 Management. Industrial Management description: ABSTRAK PENGARUH CEO POWER DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2016 Oleh : SEPTIYANA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CEO power dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja perusahaan pada sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2016, dengan CEO power dan CSR sebagai variabel independen dan kinerja perusahaan sebagai variabel dependen. Kekuatan CEO diukur dengan kepemilikan saham CEO di perusahaan. CSR di ukur dengan menggunakan indeks pengungkapan CSR (CSRDI). Kinerja perusahaan diukur dengan PER. Data yang digunakan diambil dari annual report dan sustainability reporting tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 66 perusahaan dengan 198 observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi liner model panel data dengan alat analisis Eviews 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CEO power tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci : CEO Power , Corporat Social Responsibility (CSR), dan Kinerja Perusahaan (PER) ABSTRACT THE EFFECT OF CEO POWER AND CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TO COMPANY PERFORMANCE ON MANUFACTURING SECTORS LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE (BEI) 2014-2016 By: SEPTIYANA This study aims to determine the effect of CEO power and Corporate Social Responsibility (CSR) on company performance in the manufacturing sector listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2014-2016, with CEO power and CSR as independent variables and company performance as the dependent variable . CEO strength is measured by CEO share ownership in the company. CSR is measured using the CSR disclosure index (CSRDI). Company performance is measured by PER. The data used is taken from the 2014-2016 annual report and sustainability reporting. The sampling technique uses purposive sampling. The research sample was 66 companies with 198 observations. The analysis technique used is the liner regression model panel data analysis with Eviews 7 analysis tools. The results showed that CEO power did not affect the company's performance. While CSR has a significant positive effect on company performance. Keywords : CEO Power, Corporate Social Responsibility (CSR), and Corporate Performance (PER) publisher: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS date: 2018-10-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33742/4/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33742/3/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33742/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SEPTIYANA, 1411011123 (2018) PENGARUH CEO POWER DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONEDIA (BEI) TAHUN 2014-2016. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/33742/