creators_name: MARIA LUSIA DEWI SHINTA DAMAYANTI, 1113052030 creators_id: marialusiadewi78@gmail.com type: other datestamp: 2018-10-18 08:24:54 lastmod: 2018-10-18 08:24:54 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP XAVERIUS 4 BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: B1 subjects: LB full_text_status: restricted abstract: dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung ?”. Tujuan penelitian mengetahui kemampuan interaksi sosial teman sebaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen desain One-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial terhadap teman sebaya dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis statistik menunjukkan post-test diperoleh zhitung = -2,803 dan ztabel= 1,645, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya bahwa kemampuan interaksi sosial teman sebaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Kata kunci : Bimbingan Konseling, Kemampuan Interaksi Sosial, Bimbingan Kelompok date: 2018-06-26 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1113052030 citation: MARIA LUSIA DEWI SHINTA DAMAYANTI, 1113052030 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP XAVERIUS 4 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/33796/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/33796/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/33796/4/SKRIPSI%20FULL.pdf