%0 Generic %A Abdul, HARYATI BORU SARAGIH %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:340 %I Fakultas KIP %T UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR LONCAT HARIMAU MELALUI METODE VISUALISASIPADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 SINAR JAWA AIR NANINGAN KABUPATEN TANGGAMUS %U http://digilib.unila.ac.id/340/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar loncat harimau pada siswa kelas 5 SD Negeri 1 Sinarjawa Kecamatan Airnaningan Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Sinarjawa Kecamatan Airnaningan Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang dipakai adalah penilaian kualitas gerak dasar loncat harimau dengan rentang nilai 1-3. Teknik analisis data menggunakan prosentasi ketuntasan belajar setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada siklus pertama dengan penggunaan metode visualisasi berupa gambar-gambar rangkaian gerak dasar loncat harimau cara meloncat diawali posisi jongkok, berdiri dan menggunakan awalan berjalan, diperoleh ketuntasan sebanyak 3 orang siswa (23,08 %), 2) pada siklus kedua dengan penggunaan metode visualisasi berupa video rangkaian gerak dasar loncat harimau diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 7 orang siswa (53,85) sehingga pada siklus kedua pembelajaran telah berhasil atau tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa : “Melalui Metode Visualisasi Dapat Meningkatkan Gerak Dasar Loncat Harimau Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Sinar Jawa Airnaningan Kabupaten Tanggamus”.