TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3401 UR - http://digilib.unila.ac.id/3401/ A1 - Mukti Arum Kusumadewi, 1013041042 Y1 - 2014/09/19/ N2 - Pembelajaran membaca aspek kebahasaan mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga hal tersebut merupakan permasalahan dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca aspek kebahasaan serta mengetahui keselarasan antara perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hal yang dideskripsikan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Jenis observasi yang dilakukan adalah observasi nonpartisipasi. Peneliti mengamati objek penelitian dengan membuat daftar catatan dan mendokumentasikan objek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu koleksi data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahap kegiatan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan pembelajaran komponen yang sesuai antara lain skenario pembelajaran, kesesuaian teknik pembelajaran, serta kelengkapan instrumen. Komponen yang belum sesuai yaitu tujuan pembelajaran karena kurang sesuai dengan format ABCD, sedangkan pemilihan materi, dan pemilihan sumber belajar karena tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran terlihat aktivitas pembelajaran meliputi kegiatan membaca, diskusi, dan persentasi. Evaluasi yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian hasil dengan teknik tes tertulis yang dilakuan secara individu. PB - FKIP TI - PEMBELAJARAN MEMBACA ASPEK KEBAHASAAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -