@misc{eprints341, month = {April}, title = {MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, author = {SUPARJO Marto Drikromo }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/341/}, abstract = { Berdasarkan observasi awal pembelajaran IPA yang diperoleh di kelas IV SD Negeri 6 Metro Utara, aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Dari 32 orang sebanyak 9 orang (28\%) tuntas dan 23 orang atau (72\%) belum tuntas. Tujuan peneliti menerapkan model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi energi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Sedangkan teknik analisis data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek Penelitian ini melibatkan 32 orang siswa, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuaan, semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 53,9 kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,5 kategori sangat aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57,63 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,44. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 62,5\% (20 orang siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100\% (32 orang siswa). Kata Kunci: Aktivitas Hasil Belajar, Model Contectual Teacing and Learnig } }