creators_name: Tasman, ARIEF BACHTIAR PUTRA type: other datestamp: 2014-01-10 04:26:51 lastmod: 2014-01-10 04:26:51 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V B SD NEGERI 5 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: BF subjects: L1 subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V B SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V B SD Negeri 5 Metro Barat menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dengan media grafis. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dengan media grafis pada pembelajaran PKn kelas V B SD Negeri 5 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (35,71%), siklus II (58,93%), dan siklus III (87,5%). Peningkatan dari siklus I ke siklus II (23,22%) dan dari siklus II ke siklus III (28,6%). Sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (57,86), siklus II (65), dan siklus III (90). Peningkatan dari siklus I ke siklus II (7,14) dan dari siklus II ke siklus III (25). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas V Sekolah Dasar (SD) dapat menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dengan media grafis pada pembelajaran PKn supaya aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta siswa tidak menganggap pembelajaran PKn membosankan. Kata kunci: model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) media grafis, aktivitas dan hasil belajar date: 2013-12-23 date_type: published publisher: Fakultas KIP place_of_pub: Universitas Lampung citation: Tasman, ARIEF BACHTIAR PUTRA (2013) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V B SD NEGERI 5 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/3/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/4/6.%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/5/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/6/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/7/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/8/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/9/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/10/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/342/12/LAMPIRAN.zip