?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA+MELALUI+PENDEKATAN+KONTEKSTUAL+PADA+SISWA%0D%0AKELAS+IV+SD+NEGERI+1+KAMPUNG+KOTAAGUNG%0D%0AKABUPATEN+TANGGAMUS+TAHUN%0D%0APELAJARAN+2012%2F2013&rft.creator=Arsyad%2C+Arnawita&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Aktivitas+dan+hasil+belajar+matematika+siswa+kelas+IV+SDN+1+Kampung+Kota+Agung+Kabupaten+Tanggamus+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013+masih+rendah.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+matematika+melalui+pendekatan+kontenkstual+pada+siswa+kelas+IV+SDN+1+Kampung+Kota+Agung+Kabupaten+Tanggamus+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013.%0D%0ASubjek+penelitian+yang+digunakan+adalah+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+1+Kampung+Kota+Agung+semester+genap+tahun+pelajaran+2012%2F2013+yang+berjumlah+24+siswa+terdiri+12+siswa+laki-laki+dan+12+siswa+perempuan.+Dalam+penelitian+ini+data+yang+diperoleh+berupa+aktivitas+kinerja+guru+serta+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Aktivitas+kinerja+guru+diperoleh+saat+peneliti+melaksanakan+pembelajaran+pada+setiap+siklus%2C+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+diperoleh+berdasarkan+hasil+tes+serta+ketuntasan+belajar+pada+masing-masing+siklus.+Instrumen+yang+digunakan+yaitu+lembar+aktivitas+guru%2C+lembar+aktivitas+siswa+dan+LKS.%0D%0AHasil+penelitian+diketahui+bahwa+ada+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+matematika+melalui+pendekatan+Kontekstual+pada+materi+mengenal+pecahan+senilai+dapat+dilaksanakan+dengan+baik+sehingga+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+hasil+penerapan+pembelajaran+Kontekstual.+Persentase+aktivitas+belajar+siswa+siklus+I+rata-rata+66%2C67%25+meningkat+menjadi+87%2C5%25+pada+siklus+II.+Nilai+hasil+belajar+siswa+rata-rata+siklus+I+55%2C42+dengan+ketuntasan+belajar+sebesar+37%2C5+%25%2C+meningkat+82%2C50+pada+siklus+II+dengan+ketuntasan+belajar+91%2C67+%25.+Hasil+penelitian+menunjukkan+ada+perubahan+aktivitas+belajar+siswa+siklus+I+dan+siklus+II+naik+sebesar+20%2C83+%25+dan+hasil+belajar+siklus+I+ke+siklus+II+naik+sebesar+27%2C08+ketuntasan+hasil+belajar+siklus+I+ke+siklus+II+naik+sebesar+54%2C17+%25.%0D%0ABerdasarkan+data+di+atas+diperoleh+kesimpulan+bahwa+penerapan+pembelajaran+dengan+pendekatan+Kontekstual+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+Matematika+pada+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+1+Kampung+Kota+Agung+Kabupaten+Tanggamus.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Aktivitas%2C+Hasil+belajar%2C+Pendekatanan+Kontekstual&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F1%2FCaver%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=image&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F3%2FHal%2520Persetujuan.jpg&rft.format=image&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F4%2FHal%2520Pernyataan.jpg&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F5%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F6%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F7%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F8%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F9%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F10%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F11%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F12%2F3.%2520Lampiran.zip&rft.identifier=++Arsyad%2C+Arnawita++(2013)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA+MELALUI+PENDEKATAN+KONTEKSTUAL+PADA+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+1+KAMPUNG+KOTAAGUNG+KABUPATEN+TANGGAMUS+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F344%2F