@misc{eprints3444, month = {September}, title = {IMPLEMENTATION OF ACADEMIC SUPERVITION THE HEADMASTER IN SMP N 1 PUNGGUR REGENCY CENTRAL LAMPUNG IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH}, author = {1123012015 MUHAMMAD MUBAROH}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3444/}, abstract = {The purpose of this research is to identify and describe the : 1) Planning the headmaster of supervition SMP N 1 Punggur; 2) Implementation the headmaster of supervition academic SMP N 1 Punggur; 3) evaluation the head master of supervition academic SMP N 1 Punggur; 4) improvement of techer in the interest SMP N 1 Punggur; 5) the teacher respont of supervition academic that doing the headmaster SMP N 1 Punggur. This study used a qualitative approach with case study desigen. Data collectoin techniques with interview, documentation and observation. Source data consists ot the headmaster and teacher in SMP N 1 Punggur. The result of the research show that: 1) the Hadmaster academic supervition in improving of pedagogik competation teacher beginning with planing program academic supervition; 2) the headmaster doing academic supervition whit some teknick that is: meeting of teachers or all techers, class visiting, class observation, and individual approach or individual supervition; 3) the headmaster doing evaluation for to becontinue after done supervition, doing supervition so to becontinue of the headmaster: 4) the teacher?s respons so positif to supervition that doing of headmaster: 5) pedagogik competation of the teacher that owned by the teacher is interest comprehending curiculum and comprehending lison item, compiling lisent planing, doing study, and assessing lisen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan; 1) Perencanaan supervisi akademik kepala SMP Negeri 1 Punggur; 2) Implementasi supervisi akademik kepala SMP Negeri 1 Punggur; 3) Evaluasi supervisi kepala sekolah SMP Negeri 1 Punggur; 4) Peningkatan Kompetensi pedagogik guru SMP Negeri 1 Punggur; 5) Tanggapan guru terhadap supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMP Negeri 1 Punggur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumberdata terdiri dari kepala sekolah dan guru di SMP Negeri 1 Punggur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Supervisi akademik kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik guru diawali dengan perencanaan program supervisi akademik; 2) Kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik dengan beberapa teknik yaitu: rapat dewan guru atau secara keseluruhan, kunjungan kelas, observasi kelas, dan pembicaraan individu atau supervisi secara individu; 3) Kepala sekolah melakukan evaluasi sebagai tindak lanjut setelah dilakukan supervisi, evaluasi dilakukan kemudian di tindaklanjuti oleh kepala sekolah, 4) Tanggapan guru sangat positif terhadap supervisi yang dilakukan oleh kepala SMP Negeri 1 Punggur, 5) Kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan menguwasai kurikulum dan menguwasai materi pelajaran, penyusunan rencana pelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pelajaran.} }