creators_name: Mislan, Ayu Lestari type: other datestamp: 2014-01-10 04:45:55 lastmod: 2014-01-10 04:45:55 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TEMPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: BF subjects: L1 subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tempuran Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dengan media grafis. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes hasil belajar melalui lembar observasi dan tes. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I 53,2% (cukup aktif), siklus II meningkat sebesar (10,13%) menjadi 63,33% (aktif) dan siklus III meningkat kembali sebesar (13%) menjadi 76,33% (aktif). Rata-rata nilai siswa siklus I 55,13, siklus II meningkat sebesar (9,44) menjadi 64,57, dan siklus III meningkat kembali sebesar (13,33) menjadi 77,9. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I 46,67% (sedang), siklus II meningkat sebesar (16,66%) menjadi 63,33% (tinggi), dan siklus III meningkat kembali sebesar (20%) menjadi 83,33% (sangat tinggi). Kesimpulan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Tempuran Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Cooperative Learning, Team Assisted Individualization, Media Grafis, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Matematika date: 2013-12-23 date_type: published publisher: Fakultas KIP place_of_pub: Universitas Lampung citation: Mislan, Ayu Lestari (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TEMPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/1/Cover%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/2/Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/3/Hal.%20Persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/4/Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/5/Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/6/Bab%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/7/Bab%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/8/Bab%203.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/9/Bab%204.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/10/Bab%205.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/11/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/345/12/LAMPIRAN.zip