%0 Thesis %9 Masters %A NOVIWAN WICAKSONO, 1221011043 %B Fakultas Ekonomi %D 2014 %F eprints:3454 %I Universitas Lampung %T ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INTERNET TELKOMSEL FLASH DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/3454/ %X Perkembangan bisnis internet semakin meningkat, dimana terdapat beberapa raksasa provider selular di tanah air yang merambah bisnis internet, salah satunya Telkomsel dengan produknya “FLASH”. Pada tahun 2012 Telkomsel menjadi market leader di propinsi Lampung dengan pangsa pasar (market share) sebesar 51%, lalu tahun 2011 Telkomsel tetap menjadi market leader dengan pangsa pasar naik menjadi 52%, namun pada tahun 2012 Telkomsel mengalami penurunan penguasaan pasar menjadi 49% meskipun tetap menjadi market leader di propinsi Lampung. Hal ini diakibatkan oleh semakin gencarnya kompetitor yang menawarkan varian produk jasa internet kepada pelanggan. Kualitas produk dan pemberian pelayanan terbaik akan membuat pelanggan merasa nyaman sehingga menimbulkan perasaan loyal. Hal inilah yang mendasari penelitian ini untuk mengetahui tentang besarnya pengaruh kualitas produk dan layanan purna jual terhada ployalitas pelanggan Telkomsel Flash di Bandar Lampung. Penelitian dilakukan dengan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menyebarkansebanyak 100 kuesioner kepada responden berdasarkan strata pengguna prabayar (simPATIdanKartuAs) dan pascabayar (KartuHalo) di Grapari Telkomsel Bandar Lampung. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial variabelk ualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggansebesar 19% dengan nilai signifikan sise besar 0.011, secara parsial variable layanan purna jual mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 66,5% dengan nilai signifikansi 0.000, dan diketahui bahwa besarnilai R square (R2) adalah 59,8% dimana faktorkualitas produk dan factor layanan purna jual memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel Flash. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelanggan memandang kualitas produk dan layanan purna jual serta pembentukan loyalitas pelanggan Telkomsel Flash mendapat rata-rata skorjawaban 4 yang artinyasetujubahwakondisikualitasprodukdanlayananpurnajual Telkomsel Flash saatinisudahbaik. Kata Kunci :internet, kualitasproduk, layananpurnajual, loyalitas