TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints3479 UR - http://digilib.unila.ac.id/3479/ A1 - Tri Wahyunitasari, 1013053121 Y1 - 2014/09/24/ N2 - Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IV C SD Negeri 6 Metro Pusat, siswa mengalami beberapa permasalahan dalam pembelajaran tematik diantaranya, kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari 31 siswa terdapat 24 siswa yang belum memperoleh nilai minimal 66 atau mencapai kategori baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV C SD Negeri 6 Metro Pusat melalui penerapan Cooperative Learning Tipe Take and Give dengan Media Grafis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I 1,87 kategori cukup, siklus II 2,61 kategori baik, dan siklus III 3,25 kategori baik. Nilai rata-rata hasil belajar afektif siklus I 2,22 persentase (29,03%), siklus II 2,72 presentase (58.06%) dan siklus III 3,48 presentase (80,64%). Kognitif siklus I 63,87 presentase (35,48%), siklus II 70,48 presentase (61,29%) dan siklus III 83,06 presentase (80,64%). Psikomotor siklus I 54,83 presentase (32,25%), siklus II 65,80 presentase (64,51%) dan siklus III 76,45 presentase (83,87%). Kata kunci: Take and Give, Aktivitas, Hasil Belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1V C SD NEGERI 6 METRO PUSAT TP 2013/2014 AV - restricted ER -