?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+NUMBER%0D%0AHEAD+TOGETHER+(NHT)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS%0D%0ADAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+PKn%0D%0ASISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+1+PENENGAHAN%0D%0ABANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN%0D%0A2012%2F2013&rft.creator=Rahmat%2C+Dea+Andini&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+PKn+kelas+IV+SD+Negeri+1+Penengahan.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+PKn+dengan+menerapkan+model+cooperative+learning+tipe+NHT+di+kelas+IV+SD+Negeri+1+Penengahan+Bandar+Lampung.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+penelitian+tindakan+kelas+(classroom+action+research).+Prosedur+dilaksanakan+melalui+tiga+siklus%2C+setiap+siklusnya+terdiri+dari%3B+(1)+perencanaan+(planning)%2C+(2)+pelaksanaan+(acting)%2C+(3)+observasi+(observing)%2C+(4)+refleksi+(reflecting).+Pengumpulan+data+menggunakan+lembar+observasi+aktivitas+siswa%2C+lembar+observasi+kinerja+guru%2C+dan+tes+hasil+belajar+siswa.+Data+yang+terkumpul+kemudian+dianalisis+dengan+analisis+data+kualitatif+dan+kuantitatif.+Analisis+kualitatif+untuk+melihat+rekapitulasi+data+aktivitas+siswa+dan+kinerja+guru.+Sedangkan+teknik+analisis+kuantitatif+untuk+mengukur+data+hasil+belajar+siswa%0D%0AHasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+penerapan+model+cooperative+learning+tipe+NHT+pada+mata+pelajaran+PKn+kelas+IV+SD+Negeri+1+Penengahan+berdampak+pada+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+rata-rata+aktivitas+siswa+pada+siklus+I+(55%2C42%25)+pada+siklus+II+(64%2C59%25)+terjadi+peningkatan+dari+siklus+I+ke+siklus+II+sebesar+9%2C17%25+dan+pada+siklus+III+(82%2C92%25)+terjadi+peningkatan+dari+siklus+II+ke+siklus+III+sebesar+18%2C33%25.+Rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+(60%2C5)+pada+siklus+II+(71)+terjadi+peningkatan+dari+siklus+I+ke+siklus+II+sebesar+10%2C5+dan+pada+siklus+III+(87)+terjadi+peningkatan+dari+siklus+II+ke+siklus+III+sebesar+16.%0D%0AKata+Kunci%3A+Aktivitas+Belajar+Siswa%2C+Hasil+Belajar+Siswa%2C+Model+cooperative+learning+tipe+NHT%2C+PKn&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F3%2FHAL%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F4%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F6%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F7%2FBAB%2520II%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F8%2FBAB%2520III%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F9%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F10%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F11%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F12%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Rahmat%2C+Dea+Andini++(2013)+PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+NUMBER+HEAD+TOGETHER+(NHT)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+PKn+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+1+PENENGAHAN+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F349%2F