creators_name: Mila Vanalita, 1013024046 creators_id: milavanalita@yahoo.com type: other datestamp: 2014-09-29 03:16:58 lastmod: 2014-09-29 03:16:58 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar aspek kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata nilai kemampuan komunikasi lisan siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U pada taraf kepercayaan 0,05. Mila Vanalita Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki kemampuan komunikasi lisan dengan kriteria baik (81,48± 5,13). Dalam setiap aspek kemampuan komunikasi lisan rata-rata siswa (menunjukkan etika, kesediaan menghargai pendapat orang lain, kelancaran, pemahaman isi materi dan penggunaan bahasa) yang baik. Siswa menunjukkan etika berbicara dengan kriteria “baik” (77,16± 6,11) dengan mengucapkan salam dan terimakasih ketika mengawali dan mengakhiri pembicaraan. Siswa menunjukkan kesediaan menghargai pendapat orang lain dengan kriteria “baik” (80,86± 0,87) dengan mendengarkan dengan seksama pendapat siswa lain dan ketika terjadi perbedaan pendapat mereka tidak saling memaksakan pendapatnya, melainkan bersama-sama mendiskusikan perbedaan tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang padu. Siswa memiliki pemahaman isi materi dengan kriteria “sangat baik” (87,04± 0,87) sehingga dapat menyampaikan materi dengan kelancaran yang berkriteria “baik” (86,42± 5,24), tidak terbata-bata serta penggunaan bahasa dengan kriteria “baik” (75,93± 6.11) yaitu dengan berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai gain berkriteria baik (0,57± 0,18). Sebagian besar siswa (96,30 %) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : hasil belajar, komunikasi lisan, pembelajaran kooperatif Jigsaw date: 2014-09-25 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Mila Vanalita, 1013024046 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/1/1.%20Cover%20Depan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/3/3.%20Cover%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/4/4.Persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/5/5.Pengesahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/7/7.Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/6/6.%20Riwayat%20Hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/9/9.%20Moto.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/8/8.%20Persembahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/10/10.%20San%20wacana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/11/11.%20Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/12/12.%20Daftar%20Tabel.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/13/13.%20Daftar%20Gambar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/14/Bab%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/15/Bab%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/16/Bab%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/17/Bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/18/Bab%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3492/19/Daftar%20Pustaka.pdf