%0 Generic %9 Other %A Reni Utami, 1013053075 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3497 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SD NEGERI 06 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/3497/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, yakni 11 siswa(35,48%) tuntas dan 20 siswa(64,52%)belum tuntas dari KKM 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe pair check pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK),yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan(acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting), dilaksanakan 3 siklus setiap siklusnya terdiri 3 pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar untuk aktivitas siswa dan kinerja guru, tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 55,87, siklus II 66,77 dan siklus III 80,84. Ketuntasan hasil belajar siswa terdiri dari tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Nilai rata-rata afektif siswa siklus I sebesar 57,11 Siklus II sebesar 67,77 dan siklus III 82,68. Presentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa siklus I sebesar 52,68%, siklus II sebesar 72,03% dan siklus III 84,94. Ratarata psikomotor siswa siklus I sebesar 56,98, siklus II sebesar 67,02, dan siklus III sebesar 82,21. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Tipe Pair Check.