@misc{eprints350, month = {Oktober}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG SUGIH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, author = {YUSMALA Muhammad Ali}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/350/}, abstract = { Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Model CTL siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan aktivitas siswa siklus I 61,06\%, siklus II 71,30\% dan siklus III yaitu 81,36\%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I 63,55 siswa tuntas 19 orang (66\%) dan yang tidak tuntas 10 orang (34\%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus II 72,53 siswa tuntas 23 orang (79\%) dan yang tidak tuntas 6 orang (21\%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus III 77,56 siswa tuntas 29 orang (100\%) dan yang tidak tuntas 0 orang (0\%). Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. } }