TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints3503 UR - http://digilib.unila.ac.id/3503/ A1 - Suriyah, 1013069241 Y1 - 2014/09/25/ N2 - Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung cenderung guru mengajar dengan metode ceramah (konvensional), sehingga proses pembelajaran belum optimal, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar siswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dengan menerapkan strategi melalui Contextual Teaching And Learning. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengambilan data di lakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan yaitu aktifitas siswa pada siklus I mencapai 43,89% meningkat menjadi 78,06% pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 34,17% meningkat menjadi 77,17% terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 19,67%. Sedangkan kinerja guru dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh 71,8 meningkat menjadi 78,9 pada siklus II, terjadi peningkatan nilai sebesar 7,08. Kata kunsi : aktivitas, hasil belajar, dan contextual teaching and learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BUNGA DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -