%0 Generic %A Haiyun Pani , HERLINA %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:352 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/352/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran menggunakan alat peraga gambar. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Langkah-langkah dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru, serta soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 43,33% dan pada siklus II 89,50%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 64 dan pada siklus II meningkat menjadi 85 Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 57% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 89%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan alat peraga gambar dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa pada materi alat indera manusia. Kata Kunci : Alat peraga gambar, aktivitas, dan hasil.