%0 Generic %A Kasiyo , SRI RAHAYU %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:354 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KEMAMPUAN BERWAWANCARAMELALUI TEKNIK PERMODELAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 BAKAUHENIKECAMATAN BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/354/ %X Adapun tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran berwawancara siswa kelas V SDN 2 Bakauheni dengan teknik permodelan. Metode peneilitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasi penelitian yang dilakukan perolehan hasil analisis data dari siklus I dan siklus II terus meningkat. Hasil siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 64,5% dengan ketuntasan klasikal sebesar 69,5%. Siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,9% dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,42%. Kata Kunci : kemampuan berwawancara,teknik permodelan,