TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints355 UR - http://digilib.unila.ac.id/355/ A1 - Mujiono, , ARLINA JAYATI Y1 - 2013/05/06/ N2 - Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 3 Gayau Sakti, diketahui aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Gayau Sakti melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media grafis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi menggunakan panduan observasi dan tes menggunakan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media grafis, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 59 (cukup aktif), siklus II sebesar 71,55 (cukup aktif), dan pada siklus III sebesar 81,38 (aktif). Rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 62,50, siklus II sebesar 74,75, dan siklus III sebesar 85,75. Sementara ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 56,25%, siklus II sebesar 75%, dan siklus III sebesar 100%, artinya ada peningkatan secara signifikan di setiap siklusnya Kata kunci : model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD), media grafis, aktivitas, hasil belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GAYAU SAKTI TP 2012/2013 AV - restricted ER -