%A MUHAMMAD KHOIRUL HUDA Siswantoro %T PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN SEQIP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN %X Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan belum sesuai harapan. Aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model quantum teaching dan SEQIP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru dan aktivitas siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dan SEQIP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penguasaan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 43,75% meningkat 17,85% menjadi 84,37% pada akhir siklus II. Kata kunci: Quantum teaching, SEQIP, aktivitas siswa, hasil belajar. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints356