%0 Generic %A Ziadi, ERNAWATI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:357 %I Fakultas KIP %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAAN COOPERATIVE SCCRIPT DENGAN TEMA KELUARGAKU PADA SISWA KELAS 2 SDN SUKOHARJO III KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2012-2013 %U http://digilib.unila.ac.id/357/ %X Pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 1 Sukoharjo III pembelajaran yang dilaksanakan masih kurang efektif, masih banyak anak yang tidak mengerti huruf, pembelajaran masih bersifat konfensional, banyak anak yang ribut waktu diterangkan, banyak anak yang mengganggu temannya. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab hasil belajar siswa tidak mencapai nilai KKM yang ditentukan yakni 65. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa cukup baik dengan nilai skor rata-rata 2,2 atau 50% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II aktivitas siswa meingkat menjadi baik dengan nilai skor rata-rata 3,3 atau 75% dengan kategori baik. Siklus III aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 3,36 atau 84% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 16,66% dan ketuntasan hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori tuntas. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III meningkat menjadi 93,33%. Perbaikan pembelajaran menggunakan model cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Sukoharjo III. Kata kunci : Hasil belajar, Model cooperative script