TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3588 UR - http://digilib.unila.ac.id/3588/ A1 - Edwin Norman Jordan, 0856021017 Y1 - 2014/09/26/ N2 - Pemilihan Kepala Desa merupakan bagian demokrasi di Indonesia. Pemilihan kepala desa secara langsung menuntut setiap calon kepala desa memiliki strategi pemasaran politik agar dapat mendapatkan suara dari warga desa yang memiliki hak pilih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ?Bagaimanakah Strategi Pemasaran Politik Ismail dalam Pemilihan Kepala Desa Kota Gajah Timur Tahun 2012?? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran politik Ismail dalam pemilihan Kepala Desa Kota Gajah Timur tahun 2012. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang didasarkan pada data kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala desa terpilih, kandidat kepala desa, tim suskes kepala desa terpilih dan masyarakat di Desa Kota Gajah Timur. Metode pengumpulan data digunakan adalah wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa Strategi Pemasaran Politik Ismail dalam Pemilihan Kepala Desa Kota Gajah Timur Tahun 2012 dengan menentukan segmentasi pemilih ke tiga golongan, yaitu petani, pemuda dan ibu-ibu di Desa Kota Gajah Timur. Sedangkan targeting pemilih, Ismail dan tim suksesnya memfokuskan ke 5 (lima) dusun utama, yaitu Dusun Gajah Timur I sebanyak 554 mata pilih, Dusun Gajah Timur IV sebanyak 610 mata pilih, Dusun Pasar II sebanyak 639 mata pilih, Sri Rahayu I sebanyak 850 mata pilih dan Dusun Pasar I sebanyak 302 mata pilih. Berkaitan dengan positioning, Ismail menetapkan visi dan misi dan program-program kerja apabila terpilih menjadi Kepala Desa Kota Gajah Timur. Visi dan misi dan program-program kerja tersebut disampaikan kepada warga Desa Kota Gajah Timur melalui pertemuan-pertemuan dengan calon pemilih dari masing-masing segmentasi dan melakukan sosialisasi secara langsung dengan mengunjugi rumah-rumah warga secara pintu ke pintu dan ke tempat kerja warga. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran Politik, Pemilihan Kepala Desa PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - STRATEGI PEMASARAN POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA KOTA GAJAH TIMUR KECAMATAN KOTA GAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2012 AV - restricted ER -