?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA++MATA+PELAJARAN+IPA+MELALUI+METODE+JIGSAW++%0D%0APADA+SISWA+KELAS+V+SD+N+1+WAY+KANDIS++KECAMATAN+TANJUNG+SENANG++%0D%0ABANDAR+LAMPUNG+&rft.creator=Suhari+%2C+NURHAYATI++&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Nilai+rata-rata+mata+Pelajaran+IPA+sangat+rendah+yaitu+rata-rata+kelas+adalah+4%2C0%2C+hal+ini+disebabkan+karena+guru+dalam+pembelajaran+masih+banyak+menggunakan+metode+mengajar+yang+kurang+tepat.+Berdasarkan+pernyataan+tersebut%2C+maka+peneliti+tertarik+untuk+mengadakan+penelitian+yang+berjudul+Peningkatan+Aktivitas+dan+prestasi+Belajar+Siswa+Mata+Pelajaran+IPA+Melalui+metode+Jigsaw+Pada+siswa+kelas+V+SDN+1+Way+Kandis+Kecamatan+Tanjung+Senang+Bandar+Lampung+%0D%0ATujuan+dari++penelitian+ini+adalah+Untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+mata+IPA+melalui+metode+Jigsaw+pada+siswa+kelas+V+SDN+1+Way+Kandis+Bandar+Lampung.+Penelitian+ini+menggunakan+penelitian+tindakan+kelas+yang+dilakukan+dalam+4+langkah+kegiatan%2C+meliputi+kegiatan+perencanaan%2C+melakukan+tindakan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Instrumen+yang+dilakukan+adalah+perangkat+tes%2C+lembar+observasi%2C+catatan+lapangan+yang+digunakan+untuk+mengamati+aktivitas+siswa+dan+kinerja+guru.+Hasil+penelitian+menunjukkan+terdapat+peningkatan+yang+signifikan+dalam+proses+belajar+mengajar+IPA+dengan+menggunakan+metode+jigsaw.+Hasil+aktivitas%2C+hasil+belajar+serta+kinerja+pendidik+yang+meningkat+yaitu+aktivitas+siswa+pada+siklus+I+rata-rata+sebesar+64%2C8+lalu+meningkat+pada+siklus+II+menjadi+76%2C48.+Hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+rata-rata+sebesar+63%2C+kemudian+pada+siklus+II+menjadi+75.+Peningkatan+juga+terjadi+pada+kinerja+pendidik+yaitu+pada+siklus+I+sebesar+66%2C3%2C+dan+pada+siklus+II+meningkat+menjadi+80.+Berdasarkan+hasil+penelitian+yang+telah+dilaksanakan%2C+maka+dapat+disimpulkan+bahwa+adanya+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+dengan+menggunakan+metode+Jigsaw+pada+siswa+kelas+V+SDN+1+Way+Kandis+Bandar+Lampung.+%0D%0AKata+Kunci+%3A+hasil++belajar%2C+aktivitas+siswa%2C+metode+jigsaw%2C+sekolah+dasar+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-04-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F4%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F5%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F8%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F9%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F10%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F11%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F12%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F13%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F14%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F15%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Suhari+%2C+NURHAYATI+++(2013)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+MATA+PELAJARAN+IPA+MELALUI+METODE+JIGSAW+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+N+1+WAY+KANDIS+KECAMATAN+TANJUNG+SENANG+BANDAR+LAMPUNG.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F359%2F