?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+MASALAH(PROBLEM+BASED+LEARNING)TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR%0D%0AKRITIS+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN&rft.creator=Ria+Mustika%2C+0853024039&rft.subject=Karya+Karya+Umum+%3D+000&rft.description=Rendahnya+hasil+belajar+siswa+terjadi+di+MTs+Negeri+2+Bandarlampung+khususnya+pada+materi+pokok++pengelolaan++lingkungan.+Sebagian+nilai+siswa+belum+mencapai+KKM%2C+hanya+40+%25+siswa+yang+telah+mencapainya.+Berdasarkan+kondisi+di+atas%2C+maka+perlu+diadakannya+kegiatan+pembelajaran+yang+menarik+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+pada+materi+pokok+pengelolaan+lingkungan.+Salah+satu+alternatif+pada+proses+pembelajaran+yang+diharapkan+dapat+efektif+digunakan+yaitu+dengan+penerapan+model+Pembelajaran+Berbasis+Masalah++(PBL).+%0D%0ATujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pengaruh+signifikan+penggunaan+model+PBL+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+serta+untuk+mengetahui+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+model+PBL+pada+materi+pokok+pengelolaan+lingkungan.+Penelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+yang+menggunakan+desain+pretes+postes++kelompok+non-equivalent.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIID+(kelas+eksperimen)+dan+VIIE+(kelas+kontrol)+yang+dipilih+dari+populasi+kelas+VII+secara++cluster+random++sampling.+Data+kuantitatif+berupa+hasil+belajar+yaitu+nilai+pretes%2C+postes+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+dan+uji-U+melalui+program+SPSS+17.+Sedangkan%2C+data+kualitatif+berupa+angket+tanggapan+siswa+yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian%2C+didapatkan+kelas+eksperimen+memiliki+rata-rata+N-gain+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+(berbeda+signifikan).+N-gain+kelas+eksperimen+yaitu+48%2C6+dengan+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D%2C+sementara++N-gain+kelas+kontrol+yaitu+27%2C9+dengan+kriteria+rendah.++Sedangkan%2C+melalui+angket+didapatkan++sebagian+besar+siswa+merasa+senang+terhadap+penggunaan+model+pembelajaran+PBL+pada+materi+pengelolaan+lingkungan.+Dengan+demikian+penggunaan+model+PBL+berpengaruh+signifikan+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+pada+materi+pengelolaan+lingkungan.+%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A++Problem+Based+Learning+(PBL)%2C+Kemampuan+Berpikir+Kritis+(KBK)%2C+Pengelolaan+Lingkungan%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-09-27&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F1%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F3%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F4%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F5%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F6%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F7%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F9%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F11%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F12%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Ria+Mustika%2C+0853024039++(2014)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+MASALAH(PROBLEM+BASED+LEARNING)TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3608%2F