%A MAINANI Abdullah %T PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS II A SD AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG %X Bertujuan nntuk mengetahui apakah proses penggunaan metode role playing dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa kelas II A SD Al Kautsar pada bidang studi IPS tentang peran dan kedudukan anggota keluarga dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II A SD Al Kautsar pada bidang studi IPS tentang peran dan kedudukan anggota keluarga dengan menggunakan video ?keluarga? dan metode role playing. Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode role playing pada mata pelajatan IPS dapat berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat kekurangan dalam proses belajar mengajar. Aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar merupakan indikator adanya keinginan siswa untuk belajar. Persentase hasil aktivitas siswa per siklus didapat: pada siklus 1, aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing menunjukkan nilai persentase sebesar 26 anak (22,75%). Kriteria dalam aktivitas siswa pada saat siklus 1 menunjukkan kriteria ?kurang? dalam proses pembelajaran. Pada siklus 2, aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing menunjukkan nilai persentase sebesar 80,00%. Kriteria dalam aktivitas siswa pada saat siklus 2 menunjukkan kriteria ?tinggi? dalam proses pembelajaran. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints361