TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3615 UR - http://digilib.unila.ac.id/3615/ A1 - Lina Widiatami, 0853021031 Y1 - 2014/09/29/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 262 siswa dan terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang diambil secara acak. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematis berupa esai. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memahami konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak lebih dari 65%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : pemahaman konsep matematis, TPS PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung T.P. 2013/2014) AV - restricted ER -