@misc{eprints363, month = {Pebruari}, title = { PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PELAJARAN IPA KELAS IV A SDN 2 SUMUR BATU TELUK BETUNG UTARA }, author = {YULIAWATI Hasan Adrai}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/363/}, abstract = {Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A mata pelajaran IPA di SDN 2 Sumur Batu. Perbaikan pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning type student teams achievement division (STAD), dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV A. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan prosedur pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas siswa pada siklus I adalah 50,69\%, pada siklus II meningkat menjadi 81,25\%. Hasil pembelajaran pada siklus I terdapat 14 orang siswa (51,85\%) mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (88,89\%), dengan KKM 60. Pembelajaran dengan model cooperative learning type STAD menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model cooperative learning type STAD, aktivitas siswa, hasil belajar } }