%0 Generic %A ., RUSMINAWATI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:365 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BOJONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/365/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perolehan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Bojong Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Model CTL siswa kelas V SD Negeri 3 Bojong Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsipprinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Bojong Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.