@misc{eprints366, month = {Desember}, title = {UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS I B SDN 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {NENENG DARSIYAH Ponijan}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/366/}, abstract = {Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SDN 2 Metro Utara yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada mata pelajaran matematika, sebanyak 9 siswa atau 37.5\% siswa tuntas dan 15 siswa atau 62.5\% siswa belum tuntas dari jumlah 24 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IB khususnya pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran matematika dengan menggunakan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 59.6\% dan meningkat pada siklus II menjadi 80\% berarti mengalami peningkatan sebesar 20.4\%. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 72\% dan meningkat pada siklus II menjadi 92\%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 20\%. Disimpulkan bahwa dalam penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran matematika dan disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar dengan media gambar} }