%A 1013021042 GESCA SONARITA %T PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE-STEP INTERVIEW (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2013/2014) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Three-Step Interview dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Three-Step Interview lebih tinggi dari siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Three-Step Interview dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints3665