%0 Generic %A EKA FIHAYATI, 1013032033 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:3666 %I FAKULTAS KIP %T ANALISIS PEMAHAMAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL SISWA BERBEDA BUDAYA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/3666/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pemahaman dan sikap siswa terhadap hubungan sosial siswa berbeda budaya kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sidomulyo tahun pelajaran 2013/2014. Rumusan dalam penelitian ini bagaimanakah pemahaman dan sikap siswa terhadap hubungan sosial siswa berbeda budaya. Jenis penelitian ini deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 siswa, sampel yang diambil 29 siswa sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan indikator pemahaman siswa bahwa 17% responden berpendapat bahwa pemahaman siswa tentag hubungan sosial siswa berbeda budaya masuk dalam kategori memahami, 45% responden berpendapat bahwa pemahaman siswa masuk dalam kategori kurang memahami, dan 38% responden masuk dalam kategori tidak memahami. Indikator sikap siswa terhadap hubungan sosial siswa berbeda budaya sebanyak 52% responden dalam kategori sikap menerima, 31% responden dalam kategori sikap netral, dan 17% responden dalam kategori sikap menolak. Indikator hubungan sosial siswa berbeda budaya sebanyak 34% responden dalam kategori hubungan yang harmonis, 42% responden dalam kategori hubungan kurang harmonis, dan 24% responden dalam kategori hubungan tidak harmonis. Pemahaman siswa terhadap hubungan sosial siswa berbeda budaya perlu mendapat perhatian khusus dari pihak sekolah, sehingga hubungan sosial siswa berbeda budaya dapat berjalan dengan harmonis. Kata kunci: Berbeda budaya, hubungan sosial, pemahaman, sikap