@misc{eprints3668, month = {September}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Raman Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014)}, author = {0853021028 I WAYAN EKO RIAWAN}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3668/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Seputih Raman tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini dipilih dari lima kelas dengan teknik purposive sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.} }