@misc{eprints3670, month = {September}, title = {PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014)}, author = {1013021046 IISY MAYASIR OKTARINI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3670/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi ke dalam 7 kelas. Sampel penelitian adalah kelas X6 dan X7, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian adalah post-test only. Data penelitian adalah data skor kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dan pencapaian indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ter-dapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.} }