%0 Generic %A LEO CHANDRA, 0913021009 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3672 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2013-2014) %U http://digilib.unila.ac.id/3672/ %X Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam Penelitian ini adalah post-test only control design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2013-2014 yang terdistribusi ke dalam 11 kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VIIE dan VIIF yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif kemampuan pemahaman konsep matematis yang diperoleh melalui tes dengan instrumen berbentuk uraian. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2013-2014 pada materi Aljabar.