TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3675 UR - http://digilib.unila.ac.id/3675/ A1 - Lukman Hakim, 0643021035 Y1 - 2014/09/29/ N2 - Pembelajaran yang diterapkan guru di kelas sangat berpengaruh terhadap keberha-silan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, pembelajaran yang tepat diperlukan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Salah satu pembelajaran yang secara teori dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah pembe-lajaran Socrates. Dalam penelitian ini, pembelajaran Socrates dipadukan dengan pendekatan kontekstual yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan pembelajaran Socrates dengan pendekatan kontekstual terhadap proses belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 16 siswa dan 20 siswi. Sedangkan objek penelitian adalah kese-luruhan proses belajar dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dengan diterapkannya pembelajaran Socrates melalui pendekatan kontekstual. Lukman Hakim Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 10 Bandar Lampung tergolong ke dalam kriteria sedang. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,94 dari 36 siswa. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran didapat beberapa kendala diantaranya adalah proses diskusi kurang kondusif, pada saat mengerjakan LAS beberapa kelompok tidak bekerja sama dan hanya mengandalkan anggota kelompok yang berke-mampuan tinggi serta alokasi waktu untuk proses pembelajaran kurang efektif sehingga masih diperlukan perbaikan dalam pengelolaan pembelajaran. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN SOCRATES DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PROSES BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -