%0 Generic %A NOVIANA LAKSMI, 1013021054 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3677 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014) %U http://digilib.unila.ac.id/3677/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pem-belajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group de-sign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII reguler SMP Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.