TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3679 UR - http://digilib.unila.ac.id/3679/ A1 - RIA ANZANI ARTHA, 1013021063 Y1 - 2014/09/29/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Tamansiswa Telukbetung tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 190 siswa yang terdistribusi ke dalam lima kelas dan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII A dan VII C yang dipilih melalui teknik purposive random sampling. Desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah sama dengan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Jadi disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah tidak dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Tamansiswa Telukbetung Tahun Pelajaran 2013/2014) AV - restricted ER -