?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+SCRAMBLE%0D%0ADENGAN+MENGGUNAKAN+MEDIA+GRAFIS+UNTUK%0D%0AMENINGKATKAN+MOTIVASI+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0ASISWA+PADA+PEMBELAJARAN+IPS+KELAS+IVB%0D%0ASD+NEGERI+8+METRO+BARAT%0D%0ATP.+2012%2F2013&rft.creator=Tanelmi%2C+SEPTI+ARIANINGSIH&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Berdasarkan+hasil+pengamatan+dan+diskusi+dengan+guru+kelas+IVB+SD+Negeri+8+Metro+Barat+permasalahan+yang+timbul+dalam+proses+pembelajaran+khususnya+pada+mata+pelajaran+IPS+yaitu+rendahnya+motivasi+dan+hasil+belajar+siswa+yakni+13+siswa+dari+24+siswa+yang+belum+mencapai+nilai+ketuntasan+belajar+berdasarkan+KKM+yang+telah+ditentukan+yaitu+63.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+motivasi+dan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPS+kelas+IVB+SD+Negeri+8+Metro+Barat+melalui+penerapan+model+Cooperative+Learning+tipe+Scramble+dengan+menggunakan+media+grafis.%0D%0AMetode+penelitian+ini+menggunakan+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK).+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+teknik+non+tes+dan+tes.+Alat+pengumpul+data+berupa+lembar+panduan+observasi+dan+soal+tes+formatif.+Teknik+analisis+data+berupa+analisis+deskriptif+kualitatif+dan+analisis+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+model+Cooperative+Learning+tipe+Scramble+dengan+menggunakan+media+grafis+dapat+meningkatkan+motivasi+dan+hasil+belajar+siswa.+Motivasi+siswa+pada+siklus+I+yaitu+67%2C25+dengan+kategori+baik%2C+siklus+II+sebesar+71%2C00+dengan+kategori+baik+dan+pada+siklus+III+sebesar+81%2C33+dengan+kategori+sangat+baik.+Kinerja+guru+pada+siklus+I+yaitu+72%2C85+dengan+kategori+baik%2C+siklus+II+yaitu+75%2C71+dengan+kategori+baik+dan+pada+siklus+III+sebesar+83%2C71+dengan+kategori+sangat+baik.+Hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+rata-rata+49%2C68+dengan+ketuntasan+33%2C3%25+kategori+rendah%2C+siklus+II+yaitu+74%2C15+dengan+ketuntasan+66%2C7%25+kategori+tinggi+dan+siklus+III+yaitu+77%2C91+dengan+ketuntasan+83%2C3%25+kategori+sangat+tinggi.%0D%0AKata+kunci%3A+model+Cooperative+Learning+tipe+Scramble%2C+media+grafis%2C+motivasi+dan+hasil+belajar.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F1%2FCover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F3%2FHal.%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F4%2FPernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F5%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F6%2FBab%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F7%2FBab%25202.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F8%2FBab%25203.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F9%2FBab%25204.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F10%2FBab%25205.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F11%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F12%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Tanelmi%2C+SEPTI+ARIANINGSIH++(2013)+PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+SCRAMBLE+DENGAN+MENGGUNAKAN+MEDIA+GRAFIS+UNTUK+MENINGKATKAN+MOTIVASI+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+IPS+KELAS+IVB+SD+NEGERI+8+METRO+BARAT+TP.+2012%2F2013.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F368%2F