%0 Generic %A Sulis Widarti, 1013021013 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3683 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1Sekampung Udik Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014) %U http://digilib.unila.ac.id/3683/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung Udik tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam lima kelas. Melalui teknik purposive random sampling terpilihlah kelas VIII A dan VIII D sebagai sampel penelitian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest control design. Data penelitian adalah kemampuan representasi matematis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.