TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3685 UR - http://digilib.unila.ac.id/3685/ A1 - WORO NINGTYAS, 1013021070 Y1 - 2014/08/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan belief siswa yang mengikuti PBM dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII/3 dan VIII/4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis dan skala belief. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PBM dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, namun tidak dapat meningkatkan belief siswa. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BELIEF SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu T.P. 2013/2014) AV - restricted ER -