TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints370 UR - http://digilib.unila.ac.id/370/ A1 - H.Y Tuwuh Sunyoto , BERNADETHA SRI WINARTI Y1 - 2013/04/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 42,83% dan pada siklus II 89,83%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61 dan pada siklus II meningkat menjadi 82. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 50% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V A SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini sesuai dengan pengamatan observer yang telah dilakukan pada siswa mulai dari siklus I sampai siklus II. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Aktivitas dan Hasil. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 2 SUMBEREJO BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -