?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+PREDICT+OBSERVE+EXPLAIN+(POE)+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+PEMAHAMAN+KONSEP+OLEH+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+KEANEKARAGAMAN+CIRI+MAKHLUK+HIDUP&rft.creator=Annisa+Shinta+Devi%2C+1013024025&rft.subject=+&rft.description=%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+penggunaan+model+pembelajaran+Predict+Observe+Explain+(POE)+terhadap+aktivitas+dan+pemahaman+siswa+pada+konsep+keanekaragaman+ciri+makhluk+hidup+di+SMP+Wiyatama+Bandar+Lampung.+Sampel+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+VII+A+dan+VII+C+SMP+Wiyatama+Bandar+Lampung+yang+dipilih+dengan+teknik+purposive+sampling.++Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+berupa+pemahaman+konsep+oleh+siswa%2C+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+postes%2C+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+dan+uji-u.+Data+kualitatif+berupa+aktivitas+belajar+siswa+dan+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+model+pembelajaran+POE+yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukan+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+POE+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+pemahaman+konsep+oleh+siswa.+Peningkatan+pemahaman+konsep+oleh+siswa+secara+signifikan+terjadi+pada+indikator+aspek+kognitif+C4.+Namun%2C+tidak+signifikan+terjadi+pada+indikator+C2+dan+C3.+Penggunaan+model+pembelajaran+POE+juga+berpengaruh+terhadap+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+semua+aspek+yang+diamati+yaitu+sebesar+14%25.+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+(95%25)+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+pembelajaran+POE.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+dengan+menggunakan+model+POE+berpengaruh+signifikan+dalam+meningkatkan+pemahaman+konsep+oleh+siswa+dan+aktivitas+pada+materi+pokok+ciri-ciri+makhluk+hidup.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+Predict+Observe+Explain+(POE)%2C+ciri-ciri+makhluk+hidup%2C+aktivitas+belajar%2C+dan+pemahaman+konsep.%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-09-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F87%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F88%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F89%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Annisa+Shinta+Devi%2C+1013024025++(2014)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+PREDICT+OBSERVE+EXPLAIN+(POE)+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+PEMAHAMAN+KONSEP+OLEH+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+KEANEKARAGAMAN+CIRI+MAKHLUK+HIDUP.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3705%2F