creators_name: Annisa Shinta Devi, 1013024025 creators_id: annisa_1118@yahoo.co.id type: other datestamp: 2014-10-02 02:54:31 lastmod: 2014-10-02 02:54:31 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada konsep keanekaragaman ciri makhluk hidup di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C SMP Wiyatama Bandar Lampung yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa pemahaman konsep oleh siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran POE yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran POE berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep oleh siswa. Peningkatan pemahaman konsep oleh siswa secara signifikan terjadi pada indikator aspek kognitif C4. Namun, tidak signifikan terjadi pada indikator C2 dan C3. Penggunaan model pembelajaran POE juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati yaitu sebesar 14%. Selain itu, sebagian besar siswa (95%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran POE. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model POE berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep oleh siswa dan aktivitas pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Predict Observe Explain (POE), ciri-ciri makhluk hidup, aktivitas belajar, dan pemahaman konsep. date: 2014-09-05 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Annisa Shinta Devi, 1013024025 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/87/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/88/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3705/89/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf