?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+%0D%0AMENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+MELALUI++PENGGUNAAN+MODEL+PENGAJARAN+BERDASARKAN+MASALAH+%0D%0A(PROBLEM+BASED+INSTRUCTION)PADA+SISWA+KELAS+IV++SD+NEGERI+8+METRO+BARAT+%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013+&rft.creator=S.+Suwignyo+%2C+LUMINTO+WIDIATMOKO+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=+Permasalahan+yang+ada+di+SD+Negeri+8+Metro+Barat+yaitu+rendahnya+aktivitas+%0D%0Adan+hasil+belajar+siswa+sebesar+45%2C8%25%2C+terlihat+dari+siswa+yang+mencapai+ketuntasan+belajar+yangmemperoleh+nilai+%3E65+baru+mencapai+11+orang+siswa.+Tujuan+dari+penelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.++%0D%0AMetode+yang+digunakan+adalah+penelitian+tindakan+kelas+yang+dilaksanakan+dalam+dua+siklus.+Tiap+siklus+terdiri+dari+4+tahap+yaitu%3A+perencanaan%2C+pelaksanaan+tindakan%2C+evaluasi%2C+dan+refleksi.+Instrumen+analisis+tingkat+keberhasilan+atau+persentase+ketuntasan+belajar+siswa+pada+setiap+siklusnya+berupa+soal+test+tertulis+pada+setiap+akhir+siklus%2C+untuk+aktivitas+belajar+siswa+berupa+lembar+observasi+aktivitas+siswa+dan+untuk+kinerja+guru+berupa+lembar+observasi+kinerja+guru.+Data+kualitatif+dianalisis+dengan+teknik+deskriptif++dengan+tujuan+mengetahui+aktivitas+siswa+terhadap+kegiatan+pembelajaran+serta+kinerja+guru+selama+pembelajaran+berlangsung.+%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+PengajaranBerdasarkanMasalah+(Problem+Based+Instruction)dapat+meningkatkan+aktivitas+belajar+siswa.+Hal+inidapatdilihat+dari+nilai+aktivitas+siswa+pada+siklus+I+dengan+nilai+aktivitas+siswa+51%2C85(cukup)+dan+meningkat+pada+siklus+II+menjadi+76%2C96+(baik).Peningkatanhasil+belajar+siswa+dapat+dilihat+dari+nilai+hasil+belajar+siklus+I+dengan+nilai++terendah+20%2C+nilai+rata-rata+57%2C50%2C+persentase+ketuntasan+belajar+sebesar+54%2C+17%25%2C+Hasil+akhir+siklus+Iinilai+terendah+25%2C+nilai+rata-rata+80%2C63%2C+serta+persentase+ketuntasan+belajar+sebesar95%2C83%25+siswa.Dengan+demikian+maka+model+PengajaranBerdasarkanMasalah+(Problem+Based+Instruction)+baik+untuk+digunakansebagaiproses+pengajaran.+%0D%0A+%0D%0AKata+Kunci+%3A++Aktivitas+dan+hasil++belajar%2C+model+PengajaranBerdasarkanMasalah+(Problem+Based+Instruction)+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-04-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F8%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F9%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F10%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F11%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F12%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F13%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F14%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F15%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F16%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++S.+Suwignyo+%2C+LUMINTO+WIDIATMOKO+++(2013)++MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+MELALUI+PENGGUNAAN+MODEL+PENGAJARAN+BERDASARKAN+MASALAH+(PROBLEM+BASED+INSTRUCTION)PADA+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+8+METRO+BARAT+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F371%2F