%0 Generic %A S. Suwignyo , LUMINTO WIDIATMOKO %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:371 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION)PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/371/ %X Permasalahan yang ada di SD Negeri 8 Metro Barat yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa sebesar 45,8%, terlihat dari siswa yang mencapai ketuntasan belajar yangmemperoleh nilai >65 baru mencapai 11 orang siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Instrumen analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus, untuk aktivitas belajar siswa berupa lembar observasi aktivitas siswa dan untuk kinerja guru berupa lembar observasi kinerja guru. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif dengan tujuan mengetahui aktivitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta kinerja guru selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PengajaranBerdasarkanMasalah (Problem Based Instruction)dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal inidapatdilihat dari nilai aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai aktivitas siswa 51,85(cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 76,96 (baik).Peningkatanhasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai hasil belajar siklus I dengan nilai terendah 20, nilai rata-rata 57,50, persentase ketuntasan belajar sebesar 54, 17%, Hasil akhir siklus Iinilai terendah 25, nilai rata-rata 80,63, serta persentase ketuntasan belajar sebesar95,83% siswa.Dengan demikian maka model PengajaranBerdasarkanMasalah (Problem Based Instruction) baik untuk digunakansebagaiproses pengajaran. Kata Kunci : Aktivitas dan hasil belajar, model PengajaranBerdasarkanMasalah (Problem Based Instruction)