%0 Generic %A Soeran Bin Santarwi, SUYANTO %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:372 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION ( S T A D ) PADA SISWA KELAS V SD SETIA BUDI TELUKBETUNG SELATAN KOTA BANDARLAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/372/ %X Berdasarkan observasi data awal yang diperoleh di SD Setia Budi Telukbetung Selatan aktivitas dan prestasi hasi belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran IPS 14 siswa mendapatkan nilai diatas nilai 60 ( KKM ) dan dinyatakan.Tuntas atau 45,2% tuntas dan 17 siswa yang dinilainya dibawah KKM 54,8% belum dinyatan tuntas maka diupayakan untuk meningkatkan ativitas dan prestasi belajar siswa tersebut. Berdasarkan kenyataan di atas penelitian menerapkan model pembelajaran STAD ( Student Team Ahievemen Division ) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pada materi Tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa sejarah masa Hindu,Budha,Islam di Indonesia.Peneliti ini melibatkan 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan kelas V SD Setia Budi Telukbetung Selatan semester ganjil 2013-2014. Peneliti menggunakan metode tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakandu siklus. Masing-masingsiklus terdiri dari empat tahap yaitu perencana,pelaksana,observasi,dan refleksi, Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kerja ,observasi siswa serta test hasil belajar disetiap siklus. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD ( Student Team Achiement Division ) dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Setia Budi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil prestasi belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitasnya pada siklus I 54.9 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,0 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 54,9 meningkat pada siklus II 75,0 % Menjadi 100% anak didik tuntas. Kata Kunci : Aktivitas, Prestasi, Belajar, dan model STAD.