<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "RANCANG BANGUN SISTEM PERISAIAN INTERFERENSI\r\nELEKTROMAGNETIK TERHADAP SAMBARAN PETIR\r\nPADA UNMANNED AERIAL VEHICLE"^^ . "Pesawat tanpa awak (UAV) merupakan sebuah pesawat yang dikendalikan tanpa pilot\r\ndi dalamnya dan telah berkembang dengan sangat pesat. Namun, UAV masih rentan\r\nterkena sambaran petir yang dapat menyebabkan efek langsung dan efek tidak langsung\r\npada UAV. Penelitian ini menggunakan metode perisaian interferensi elektromagnetik\r\n(EMI) dengan memasang lapisan aluminium pada ketebalan 0.15 mm pada permukaan\r\nluar UAV. Metode ini mirip dengan sangkar faraday. Eksperimen dilakukan dengan\r\nmenggunakan generator impuls. Tegangan impuls 100 kV dan 150 kV dibangkitkan dan\r\ndi distribusikan ke elektroda tegangan tinggi yang berjarak 1cm dari UAV. Efek langsung\r\ndiamati dengan menyelidiki permukaan UAV yang telah terpasang lapisan aluminium dan\r\nefek tidak langsung diamati dengan mengukur tegangan induksi di dalam kompartemen\r\nUAV dengan menggunakan alat ukur medan elektrostatis. Pengukuran dilakukan pada\r\nsaat terjadi peristiwa lompatan api (flashover) antara elektroda tegangan tinggi dan UAV\r\npada tiga titik sambaran, yaitu: fuselage, nose dan wings. Eksperimen pengujian\r\ndilakukan sebanyak 10 kali pada setiap tegangan impuls untuk mengamati efek langsung\r\ndan efek tidak langsung pada UAV.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa UAV mengalami efek langsung dan tidak langsung.\r\nEfek tidak langsung ini diindikasikan oleh tegangan rata-rata maksimum sebesar 1V\r\nketika tegangan impuls sebesar 150 kV dibangkitkan pada zona wing. Tegangan induksi\r\n1V tidak berbahaya terhadap peralatan elektronik yang dipasang pada UAV,\r\nseperti: motor brushless DC 12V yang memiliki kekuatan dielektrik sebesar 500 V.\r\nTegangan induksi yang terukur masih jauh berada di bawah kekuatan dielektriknya\r\ndan tidak berbahaya terhadap komponen. Selain itu, efek langsung terjadi selama\r\npengujian. Hal ini diindikasikan dengan adanya kerusakan pada permukaan UAV dimana\r\nterdapat lubang yang berdiameter ± 0.1 cm dan ± 0.3 cm jika tegangan impuls\r\nmasing-masing dibangkitkan sebesar 100kV dan 150kV pada titik sambar UAV.\r\nEfek langsung dapat dihilangkan dengan cara meningkatkan lapisan aluminium menjadi\r\n0.3 mm. Dengan demikian, metode perisaian berhasil bekerja pada UAV.\r\nKata kunci: Pesawat tanpa awak (UAV), sambaran petir, efek langsung,\r\nefek tidak langsung, perisaian, tegangan induksi, tegangan impuls.\r\n\r\nabstract\r\n\r\nUnmanned Aerial Vehicle (UAV) was an aircraft without human pilot aboard that had\r\nbeen developed rapidly. Hence, it was still susceptive due to lightning strikes that results\r\nin a direct effect (DE) and indirect effect (IDE) in UAV. This paper proposed a method\r\nto shield Electromagnetic Interference (EMI) by covering body of UAV with aluminium\r\nfoil at the thickness of 0.15 mm. This method acted similar to a Faraday cage.\r\nThe experiments were carried out using impulse generator. Two impulse voltage of\r\n100kV and 150 kV was generated and was supplied to high voltage electrode with 1cm\r\ndistance to UAV. DE was observed by investigating the surface of aluminium foil\r\non UAV and IDE was observed by measuring the induced-voltage inside UAV\r\ncompartment with electrostatic field meter. Those measurement done when flashover\r\noccurred between high voltage electrode and UAV with three striking points,\r\nsuch as: fuselage, nose and wings. The experiments carried out 10 times for\r\neach impulse-voltage in order to observe DE and IDE in UAV.\r\nThe results showed that UAV undergone DE and IDE. IDE was indicated by the highest\r\naverage voltage of 1V when the impulse-voltage of 150kV supplied at wing zone.\r\nThe induced-voltage of 1V was not harm on electronic equipment which was installed\r\nin UAV, such as: the 12V brushless DC motor that had the dielectric strength of 500V.\r\nIt was still far below the dielectric strength and would not be damaged to the component.\r\nFurthermore, DE also occurred during the experiments. It was indicated by a damage\r\non surface of aluminium foil. There were holes at the striking point of UAV with\r\ndiameter of ± 0.1 cm and ± 0.3 cm if the impulse-voltage at 100kV and 150kV,\r\nrespectively. DE could be eliminated by increasing the thickness of aluminium foil\r\nbecame 0.3 mm. Thus, the shielding method was successfully perform in UAV.\r\nKeywords: Unmanned aerial vehicle (UAV), lightning strike, direct effect (DE),\r\nindirect effect (IDE) , shielding, induced-voltage, impulse-voltage"^^ . "2018-06-27" . . . . . "FAKULTAS TEKNIK "^^ . . . . . . . "1315031053"^^ . "MENACHEM CRISTIAN GURNING "^^ . "1315031053 MENACHEM CRISTIAN GURNING "^^ . . . . . . "RANCANG BANGUN SISTEM PERISAIAN INTERFERENSI\r\nELEKTROMAGNETIK TERHADAP SAMBARAN PETIR\r\nPADA UNMANNED AERIAL VEHICLE (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "RANCANG BANGUN SISTEM PERISAIAN INTERFERENSI\r\nELEKTROMAGNETIK TERHADAP SAMBARAN PETIR\r\nPADA UNMANNED AERIAL VEHICLE (File PDF)"^^ . . . "RANCANG BANGUN SISTEM PERISAIAN INTERFERENSI\r\nELEKTROMAGNETIK TERHADAP SAMBARAN PETIR\r\nPADA UNMANNED AERIAL VEHICLE (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . "HTML Summary of #37213 \n\nRANCANG BANGUN SISTEM PERISAIAN INTERFERENSI \nELEKTROMAGNETIK TERHADAP SAMBARAN PETIR \nPADA UNMANNED AERIAL VEHICLE\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir"@en . .