%0 Generic %A ITA ANI ROSITA , 1413043020 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:37224 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PEMBELAJARAN ELEMEN GERAK TARI MENGGUNAKAN MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) DI SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/37224/ %X Penelitian ini membahas tentang pembelajaran elemen gerak tari menggunakan model attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) di SMP Negeri 1 Sumberjaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran ARCS pada pembelajaran elemen gerak tari di SMP Negeri 1 Sumberjaya, Lampung Barat. Teori yang digunakan adalah teori behavioristik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa kelas VII A yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menggunakan instrumen pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Guru melaksanakan pembelajaran elemen gerak tari sesuai dengan langkahlangkah dan prinsip model pembelajaran ARCS. Langkah-langkah dalam melaksanakan model pembelajaran ARCS ada 7 langkah yaitu mengingatkan kembali siswa pada konsep yang telah dipelajari, menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran, menyampaikan materi pelajaran, menggunakan contohcontoh yang konkrit, memberi bimbingan belajar, memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, memberikan umpan balik. Sedangkan prinsip-prinsip model pembelajaran ARCS ada 4 yaitu attention, relevance, confidence, satisfaction, terlaksana seiring dengan langkah-langkah pembelajaran. Kata Kunci: elemen gerak tari, model ARCS, pembelajaran ABSTRACT This study discusses the learning of dance motion elements using the model of attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) in SMP Negeri 1 Sumberjaya. This study aims to describe the use of ARCS learning models on learning dance elements in SMP Negeri 1 Sumberjaya, West Lampung. The theory used is behavioristic theory. This research is a qualitative descriptive study. The source of the data in this study were art and culture teachers and students of class VII A totaling 32 students. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The study uses instruments to observe teacher activity and student activities. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and verification. The teacher carries out the learning of dance movement elements according to the steps and principles of the ARCS learning model. There are 7 steps in carrying out the ARCS learning model, namely reminding students of the concepts that have been learned, conveying the goals and benefits of learning, conveying the subject matter, using concrete examples, providing tutoring, giving opportunities for students to participate in learning , give feedback. While the principles of the ARCS learning model are 4, namely attention, relevance, confidence, satisfaction, implemented along with the learning steps. Keywords: dance motion element, ARCS model, learning