@misc{eprints37226, month = {Oktober}, title = {PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MATERI AJAR ELEMEN GERAK TARI DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG}, author = {1413043027 NENGAH WIDIASARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/37226/}, abstract = {Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan pendekatan kontekstual pada materi ajar elemen gerak tari di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan kontekstual pada materi ajar elemen gerak tari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa yang berjumlah 10 siswa lakilaki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah redusi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari pendekatan kontesktual dalam meteri ajar elemen gerak tari di SMP Negeri 11 Bandar Lampung menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual baik digunakan dalam penyampaian materi elemen gerak tari, berikut adalah komponen dalam pendekatan kontekstual guru membangun dan menyusun pengetahuan berdasarkan pengalaman siswa (constructivism), guru membantu menemukan dan mencari (inquiry), guru mengarahkan dan membantu siswa dalam proses menggali informasi melalui bertanya (questioning), guru membentuk siswa ke dalam kelompok kecil maupun besar (learning community), menunjukkan karya dan penampilkan suatu video (modelling), pengulangan (reflection), penilaian autentik (authentic assesment). Kata kunci: Elemen Gerak Tari , Pendekatan Kontekstual, Penggunaan ABSTRACT The formulation of the problem in this study is how to use a contextual approach to the teaching material of dance movement elements in 11 Bandar Lampung Junior High School. This study aims to describe the use of contextual approaches to teaching material elements of dance motion. This research uses descriptive method through a qualitative approach. Sources of data in this study were cultural arts teachers and students totaling 10 male students and 12 female students. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used in this study is data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the study from Bedana dance learning using a contextual approach at SMP Negeri 11 Bandar Lampung showed that the teacher had implemented 7 components in the contextual approach that is, the teacher builds and compiles knowledge based on student experience (constructivism), the teacher helps find and search (inquiry), the teacher directs and assists students in the process of digging up information through questioning, teachers form students into small and large groups (learning community) , showing the work and display of a video (modeling), reflection, authentic assessment. Key word: Contextual Approach, Dance Motion Elements, and Usage} }