TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG 2018 ID - eprints37231 UR - http://digilib.unila.ac.id/37231/ A1 - DESI DARMILAYANTI, (1214131025) Y1 - 2018/09/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui tingkat pendapatan usaha pengolahan ikan di KUB Bina Sejahtera, serta menyusun strategi bauran pemasaran olahan ikan di KUB Bina Sejahtera Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan analisis data deskriptif dengan mengaplikasikan formulasi evaluasi ekonomi yaitu pendapatan, analisis titik impas (BEP), R/C rasio, dan analisis QSPM dengan menggunakan metode 4P (produk, harga, tempat dan promosi) serta analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan Tingkat pendapatan usaha pengolahan ikan KUB Bina Sejahtera baik atas biaya tunai maupun biaya total lebih dari satu atau menguntungkan. Strategi prioritas tertinggi yang dapat digunakan dalam strategi bauran pemasaran adalah : Melakukan promosi media sosial produk olahan ikan agar dapat dikenal dan lebih bersaing di pasaran; Meningkatkan manajemen pengolahan dan mengoptimalkan publikasi produk agar meningkatkan ketertarikan konsumen; Meningkatkan kualitas produk agar unggul dalam persaingan produk sejenis yang semakin besar. Kata kunci :analisis QSPM, bauran pemasaran, KUB, pengolahan ikan abstract This research aims to: knowing the level of fish processing business income in KUB Bina Sejahtera as well as strategise marketing mix of processed fish in the KUB Bina Sejahtera Bandar Lampung. This research uses study case method, with descriptive data analysis by applying the formulation of economic evaluations which is revenue, Break Even Point (BEP), R/C ratio and analysis method using QSPM 4P (product, price, place, and promotion) as well as SWOT analysis. The results of this study indicate the level of fish processing business income of KUB Bina Sejahtera both for cash and total costs more than one or profitable. The highest priority strategies that can be used in strategy marketing mix are; do social media promotion of processed fish product in order to be known and more competitive market; enhancing management and optimizing go processing of publications in orderto enhance consumer interest in products; improve product quality in order to excel competition for similar product. Keyword: fish processing, KUB, marketing mix, QSPM analysis, SWOT analysis PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA PENGOLAHAN IKAN PADA KUB BINA SEJAHTERA DI KELURAHAN KANGKUNG KECAMATAN BUMI WARAS KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -